Atuh Beach Nusa Penida (Pantai Atuh), Pantai Tersembunyi yang menyimpan banyak cerita

Atuh beach atau pantai atuh berlokasi di banjar Pelilit, Desa Pejukutan Nusa Penida. Pantai Atuh termasuk dalam destinasi wisata Nusa Penida bagian Timur. Jika ingin ke pantai atuh wisatawan dapat menempuh jarak kira-kira 25 KM dengan waktu 1,5 jam dari pelabuhan Kapal Roro Nusa Penida.

Dibalik keindahan atuh beach tersimpan sebuah cerita dikalangan masyarakat sekitar perihal nama pantai atuh sendiri. Kata Atuh berasal dari 2 kata yaitu ‘a’ yang berarti tidak dan ‘tuh’ yang berarti kering. Jika ditelisik ‘atuh’ berarti tidak kering. Ternyata nama atuh berasal dari sumber mata air dekat dengan pantai atuh yang tidak pernah kering walaupun dimusim kemerau. Walaupun dekat dengan pantai, air pada sumur tersebut berasa tawar dan dapat dijadikan sumber mata air bersih bagi masyarakat sekitar. Tidak heran jika dekat dengan pantai atuh terdapat sebuah pelinggih sebagai tempat pemujaan umat hindu yang diberi nama Pura Atuh. Saat hari-hari tertentu, masyarakat sekitar melaksanakan persembahyangan di Pura Atuh.

Sebagai destinasi wisata, pantai atuh banyak dikunjungi wisatawan. Pasir pantai yang berwarna putih dan jernihnya air laut disekitar pantai atuh menjadi pemandangan menarik saat berada di pantai ini. Menariknya terdapat sebuah batu karang besar di tengah laut yang oleh masyarakat dikenal dengan sebutan batu melawang. Uniknya diujung batu karang ini terdapat lubang yang dapat dilalui oleh air laut. Oleh karenanya masyarakat kadang menyebut batu ini Batu Bolong (bolong berarti berlubang). Yang menambah indah dari batu melawang ini adalah rimbunnya tumbuh-tumbuhan di atas batu melawang, bahkan di belakang batu melawang ada masyarakat yang memanfaatkannya sebagai tempat bercocok tanam.

Untuk dapat sampai ke Pantai Atuh, setelah sampai ke parkiran motor atau mobil, wisatawan akan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Lelah selama perjalanan tidak akan terasa karena kita akan melewati Atuh Cliff (Bukit Atuh). Pemandangan di Atuh Cliff tidak kalah menarik, deretan pulau-pulau kecil di tengah laut akan dapat dilihat dari atas bukit atuh sendiri. Dari kejauhan akan terlihat putihnya pasir putih atuh beach. Bagi pecinta trakking disarankan untuk mencoba mengunjungi atuh beach. Kami pastikan wisata anda akan terasa sangat berkesan dan menyenangkan.

Share this :
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *