Pura Dalem Ped, Pura Kahyangan Jagat Nusa Penida

Pura Dalem Ped berlokasi di Desa Ped Nusa Penida, tepatnya di Jalan Utama Sampalan-Toya Pakeh. Pura Dalem Ped terletak di daerah pesisir, sebelah utara jalan raya. Setiap hari-hari tertentu, banyak pemedek dari seluruh Bali ataupun luar bali berdatangan ke Pura Dalem Ped. Atas pengaruhnya yang sangat besar itu, Pura Dalem Ped disepakati sebagai Pura Kahyangan Jagat. Sampai sekarang Pura Dalem Ped terkenal sebagai Destinasi Wisata Spritual di Nusa Penida.

Tata Urutan Persembahyangan Pura Ped

Tata Urutan Persembahyangan Pura Ped

Terdapat 4 persembahyangan utama di Pura Dalem Ped yaitu Pura Segara, Pura Taman, Pura Penataran Ratu Gede Mecaling dan Pura Pelebaan Ratu Mas. Pura Segara sebagai tempat Pemujaan terhadap Batara Baruna sebagai penguasa lautan. Pelinggih ini terletak paling utara, dekat dengan pantai.

Pura Segara

Pura Segara

Persembahyangan kedua adalah Pura Taman. Pelinggih Pura Taman dikelilingi Kolam yang dipenuhi dengan bunga teratai. Pura ini berfungsi sebagai tempat penyucian. Mengarah ke barat yang merupakan lokasi persembahyangan ketiga adalah Pura Penataran Ratu Gede Mecaling yang terkenal sebagai simbol kesaktian penguasa Nusa Penida pada jamannya. Kemudian masuk ke lokasi persembahyangan ke empat adalah Pelebaan Ratu Mas yang terletak di tengah-tengah. Masing-masing pura dilengkapi dengan pelinggih, bale perantenan dan bangunan-bangunan lain sesuai dengan fungsi pura masing-masing.

Pura Taman

Pura Taman

Pura Ratu Gede

Pura Ratu Gede

Sebagai tempat beristirahat dan pementasan, di Jaba sisi Pura Penataran Ped sudah ada Wantilan dengan kapasitas ratusan orang. Tempat beristirahat juga disediakan di sebelah barat Pura Segara. Biasanya jika pemedek tidak kebagian tempat di Wantilan Utama, maka dengan sendirinya pemedek akan berinisiatif untuk beristirahat di sebelah barat Pura Segara sambil melihat pemandangan laut dan gunung agung.

Menuju kebagian paling selatan areal Pura Ped merupakan tempat memasak (dapur) bagi para pengayah. Terdapat wantilan disebelah timur tempat memasak yang dimanfaatkan pengayah atau serati dalam membuat sarana upacara.

Dikutip dari babadbali.com

Share this :
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *