Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sumber Penghidupan dan Wisata Tracking

Kolam Air Guyangan Nusa Penida

Mata Air Guyangan Nusa Penida

Secara geografis, Guyangan terletak di Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Nusa Penida. Jarak dari pusat pelabuhan Kapal Roro kira-kira 25 KM dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Kondisi jalan menuju Guyangan naik turun tanjakan. Sampai dilokasi parkir, kita akan menyusuri jalan setapak berupa tangga besi di bibir tebing untuk dapat sampai di lokasi mata air guyangan. Sampai di Lokasi, kita dapat menyaksikan mata air guyangan yang keluar dari dalam bukit. Sampai sekarang, mata air guyangan ini dikelola oleh PDAM Klungkung sebagai sumber air bersih bagi masyarakat Nusa Penida.

Menuju ke lokasi mata air guyangan dari parkir kendaraan tergolong jauh. Durasi yang ditempuh untuk sampai ke lokasi kira-kira 30 menit. Bagi pecinta tracking diharapkan untuk mencoba menyusuri rute ke sumber mata air guyangan ini. Untuk anda yang tidak memiliki kondisi tubuh prima atau memiliki trauma akan ketinggian diharapkan tidak ikut menuruni tebing. Hal ini dikarenakan rute perjalanan yang curam dan sangat menantang.

Tangga Guyangan

Guyangan Nusa Penida

Dari parkir kendaraan kita akan melalui tangga yang terbuat dari beton dan besi. Tangga pertama yang akan ditelusuri berupa tangga beton, kondisi tangga ini masih sangat nyaman untuk dilewati, tantangan belum begitu terasa ketika lewat tangga beton ini. Sampai ke tangga besi, kondisi perjalanan sedikit berubah. Sepanjang perjalanan melalui tangga besi kita akan menyisiri tebing yang curam dengan suara ombak laut yang semakin keras terdengar. Sampai di tangga terakhir, adrenalin akan semakin dipacu, kita akan melalui tangga besi yang berada tepat diatas gulungan ombak. Sampai di lokasi, rasa lelah terbayarkan lunas, pamandangan laut biru dengan suara gemericik mata air dan dentuman ombak laut bisa kita rasakan di lokasi ini.

Pelinggih Ratu Kidul

Pelinggih Ratu Kidul

Sampai saat ini, Mata Air Guyangan termasuk destinasi wisata alam dan spritual. Kita bisa menyaksikan hamparan laut biru dengan gugusan pulau-pulau kecil di disekitarnya. Terdapat kolam air yang sengaja dibendung untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Kita dapat membasuh muka atau sekedar mandi untuk menghilangkan rasa lelah selama menyusuri tebing yang curam. Tidak hanya menawarkan wisata tracking yang menantang, terdapat Pelinggih Kanjeng Ratu Kidul (Pura Segara Kidul) tepat di depan sumber mata air dan dijadikan sebagai tujuan Wisata Spritual. Menurut kepercayaan masyarakat, kita dilarang menggunakan Pakaian Berwarna Hijau jika berkunjung ke tempat ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tertarik berkunjung atau berwisata ke Guyangan Nusa Penida ??, segera hubungi team Nusa Penida Spot untuk informasi lebih lanjut. Kami siap memandu anda untuk tour atau trip ke Mata Air Guyangan. Harga yang kami tawarkan untuk setiap Paket Tour Nusa Penida tergolong murah dan terpercaya. Penasaran ?, segera hubungi kami. Terima Kasih.

Share this :
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *